Pertanyaan Fase Kehidupan

  • Kapan Lulus?
  • Kapan nikah?
  • Udah kerja? dimana?
  • Kenapa gak kerja?
  • Udah isi?
  • Tinggal dimana, rumah atau apartemen?

Ada gak yang pernah memberikan pertanyaan ini ke orang lain? Untuk sekedar ingin tau, basa basi, atau memang sebagai tanda perhatian kita ke orang tersebut. Saya juga pernah melontarkan pertanyaan salah satu diatas, terutama pertanyaan nomer 1 dan 2, sampai akhirnya saya mengerti, pada akhirnya saya gak akan memberikan pertanyaan selanjutnya. Dengan mendapat pertanyaan-pertanyaan diatas, untuk saat ini ada beberapa pertanyaan yang membuat saya menjadi sensitif dan sewot dalam hati “mau tau aja sih”, jika yang bertanya adalah orang-orang yang tidak dekat dengan saya.

Walaupun saya termasuk orang yang insecure dengan status sosial, tapi saya berusaha untuk menjawab jujur dan apa adanya. Tidak menjadi masalah jika bertanya bila sebagai tanda perhatian kita apalagi untuk orang terdekat, tapi akan menjadi masalah jika bertanya hanya untuk sekedar ingin tahu atau basi basi. Tiap orang mempunyai tanggapan yang berbeda ketika mendapatkan pertanyaan-pertanyaan sederhana ini. Dari ada yang santai menanggapinya, sampai ada yang sedikit tersinggung akhirnya kepikiran alias masukin ke hati kalau mendapat pertanyaan ini yang sebenarnya mereka anggap privasi. Ada juga yang terganggu seperti saya yang sedang insecure dgn status sosial misalnya jika harus memberikan jawaban yang sebenarnya tidak diinginkan. Pertanyaannya, bagaimana jika kita ada diposisi itu?

Bukan bermaksud melarang untuk tidak menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini ke orang lain. Ini akan selalu ada terlontar ditanyakan oleh orang-orang disekitar kita sesuai fase kehidupan yang sedang menanti. Saya yakin setiap orang punya jawaban terbaik dalam pilihan hidupnya. Hanya saja, mudahan kita menjadi orang yang lebih bisa memahami dan menjaga perasaan orang lain. Lebih baik diam dan mendoakannya.

Sederhana, kan?

Leave a Reply

