Lepas dari Krim Dokter!

Assalamualaikum,

Aku mau cerita tentang pengalaman lepas dari krim dokter atau krim esthetic. Awal pertama kali aku pakai krim dokter, tahun 2009, tahun pertama kuliah. Maklum ya masa-masanya pengen merawat diri dan pengen keliatan cantik sedang menggebu-gebu. Waktu itu kulit aku butek, pas sekolah emang gak pernah aku rawat, paling hanya menggunakan pelembak dan bedak, kelar. Nah, akhirnya pas kuliah aku memutuskan nyobain krim dokter atau krim dari klinik kecantikan, direkomendasiin sama temen kuliah. Menurut aku biaya perawatannya masih ramah dikantong mahasiswa jadi gak pake lama aku meluncur ke klinik kecantikan ini. Perlu aku sebutin gak kliniknya apa? Hehe…

Jadi kliniknya ini dari Jogja, sekarang cabangnya udah menyebar kemana-kemana,Jakarta juga ada. Kliniknya bernama…

LBC! Iya selama ini aku melakukan perawatan disana dan setia ga pernah nyoba merek lain, karena emang udah cocok banget. Tiap tahun produk-produk mereka mengalami kenaikan sodara-sodara, tapi bukan ini yang menjadi penyebab aku berhenti. Toh juga gak semua produk aku pakai, di LBC aku hanya menggunakan krim pagi, malem, dan sunblock, udah. Aku kurang cocok sama face washnya ataupun tonernya. Jadi sesuai saran dari dokter aku bisa pakai sabun bayi yang gak ada susunya. Dan aku pun cocok pakai sabun bayi ini, bertahun-tahun! mungkin karena ringan ya, walaupun selama pakai gak ada busanya dan tiap cuci muka selalu merasa muka ga bersih.

Produk krim pagi, malem, dan sunblocknya juga aku jarang ganti-ganti, kan tiap krim dibedain sama nomer seri yang cocok sama kulit kita tuh. Kalau ganti ntar juga balik lagi ke krim sebelumnya yang sudah dipakai disesuaikan sama kondisi kulit, biasanya karena faktor cuaca dan aktivitas yang bikin jadi berubah-rubah. Bisa dibilang aku termasuk yang jarang konsultasi kecuali kalau pas lagi ada masalah. Di LBC aku melakukan perawatan yang namanya chemical peeling. Chemical peeling ini aku lakukan sampai 5 kali kalo gak salah, dengan durasi 2-3 bulan baru bisa peeling lagi, tapi 2-3 kali peeling udah bisa bikin kinclong, ya instantly. jadi kalau aku sampe peeling 5 kali, berarti itu karena faktor cuaca dan aktivitas tadi yang bikin muka lagi kurang sedang dipandang, Hehehe.. Ga perlu dijelasin lagi pasti udah pada tau ya efek dari chemical peeling, betul! Kulit jadi tipis.

Nah, sekian basa basinya. Pertanyaan yang mungkin ada dipikiran kalian adalah…

Berapa lama aku pakai krim dari dokter?

Kapan aku mulai untuk berhenti?

Kenapa aku memutuskan untuk lepas dari krim dokter?

Apa effect nya ketika aku lepas?

dan yang paling penting,

Jurus atau gimana caranya biar bisa lepas dari krim dokter?

Aku pakai krim dari lbc selama 7 tahun. ya, sungguh lama dan setianya! 2009 memulai, 2016 mengakhiri. Aku mantap berhenti setelah menikah. Menikah bulan mei, dan berhenti 3 bulan kemudian sekitar di bulan Agustus. Kenapa aku memutuskan berhenti, pertama karena krimnya udah gak ngefek lagi, kedua karna aku merasa kulit aku udah jenuh dan aku juga udah bosen, ketiga mau sampe kapan aku pakai perawatan yang sebenarnya tidak cukup baik untuk kesehatan, keempat karna sedang merencanakan punya momongan walaupun mereka bilang kalau nanti akan diresepkan dengan produk yang aman..But, No.Thanks.

Semuanya juga udah pada tau kan kalau efek dari lepas dari krim dokter adalah breakout. Breakout ini yang bikin mereka yang pengen lepas, jadi maju mundur untuk berhenti, tapi mau dipakai sampe kapan? Sampai kulit kita udah rusak baru memutuskan berhenti? Justru kalau terus-terusan malah akan lebih menambah masalah.

Minggu pertama, kedua, setelah lepas gak pakai apa-apa, masih aman. Waktu udah masuk sebulanan, mulai breakout! Jerawat besar, merah dan sakit ditempat yang gak diduga-duga, dan lama banget hilangnya. Syukur Alhamdulillah, breakout nya gak parah semuka, hanya dibagian tertentu aja seperti dibagian jidat dan pipi sebelah kiri. Tapi tetep aja lumayan memancing perhatian orang-orang yang ngeliat, “kok jerawatan?” “ga putih lagi kayak dulu mukanya”, “sekarang dita jerawatan”. Aku Cuma bisa “Mohon bersabar ini ujian”.

Jurus apa yang aku pakai biar ga maju mundur lagi untuk lepas dari krim dokter? Jawabannya adalah jurus support dari orang terdekat. Jangan sungkan-sungkan untuk ngejelasin produk krim dokter apa yang sedang kita pakai dan jangan sungkan juga keluarin unek-uneknya kenapa ingin berhenti. Jangan lupa juga jelasin efek apa yang bakal dialamin ketika lepas dari krim dokter, apa adanya aja bilang kalau muka nanti bakal jelek, kusam, dan jerawatan. Jadi orang yang diceritakan nantinya gak akan kaget dan nanya-nanya lagi penyebabnya kenapa, dan dia akan menjadi satu-satunya orang yang bakal ngurangin kekesalan kamu ketika  nerima komen-komen seputar penampilan wajah kamu dari orang lain yang sebenarnya bikin agak bete. Ya kan, Bete kan?

Jurus-jurus itu yang aku lakukan ke suamiku, dan Alhamdulillah dia pun mendukung, dan berusaha untuk gak bikin aku tambah khawatir dengan kondisi muka aku nantinya. Akhirnya, aku jadi tambah mantap untuk berhenti, sekarang sudah kurang lebih hampir 7 bulan aku sudah meninggalkan krim dokter dan memakai perawatan kulit yang lebih aman. Otomatis warna kulit juga sudah berubah sesuai skin tone aslinya, ga putih khas krim dokter/klinik lagi, hehehe..

Tapi, masalah belum selesai pemirsa, karena udah gak dapet saran dan resep dari dokter dan clueless, akhirnya mau gak mau, suka ga suka, yang harus lebih pinter pilih treatment untuk kulit wajah ya kita sendiri. Sekarang aku jadi lebih picky untuk nyobain atau dapetin produk yang sesuai sama jenis kulit, kan cocok-cocokan tuh. Banyak yang orang lain cocok dan mereka bilang bagus, ternyata gak cocok sama sekali di wajah kita, ini terjadi banget di aku..! Ujung-ujungnya baca review dari satu sumber aja gak 100% membantu, dan emang betul adalah salah kalau kita nyamain‘plek-plek an’ produk yang orang lain pakai, karena kita juga harus tau sama keadaan dan masalah kulit kita seperti apa, alergi dengan kandungan tertentu apa engga. Jadi, penting juga memperhatikan ingredients dan membaca sebanyak-banyaknya informasi dari produk yang mau kita coba, pentingnya lagi jangan terburu-buru memutuskan untuk membeli.

Sekarang kulit aku sudah better walaupun ga kinclong-kinclong banget, kalau jerawat tumbuh ya masih jelas ada ya 1 atau 2, biasanya karena ga cocok dgn produk baru, cuci muka kurang bersih atau hormon, lagian sepertinya juga gak mungkin untuk bisa lepas dari jerawat 100% seumur hidup, justru kalau gak ada jerawat patut dicurigai kulitnya. Atau bersikeras untuk hilangin pori-pori; pokoknya mau kulit yang mulus kayak lilin lah, kinclong se-kinclong kinclongnya, licin..! Wah.. jangan ya, please be realistic 😛

Kalau ada yang punya pengalaman yang sama, atau ada yang masih maju mundur berhenti apa engga? Bisa sharing loh, monggo… 😉 Terimakasih sudah membaca!

Update! : Produk Skincare yang ternyata tidak cocok setelah lepas dari krim dokter.

46 Comments Add yours

  1. Uni says:

    Saya jga mba ingin lepas dari krim dr, sya udh 5 thun pake krim natasha memang si jd kinclong tp lebih sensitive, sering timbul kemerahan, trus kulit wajah lebih tipis n timbul spider vein, makanya pengen berhenti. Tapi baru sehari ga pke ini udah timbul bintik2 merah n terasa gatal. Saya gnti pke produk yg ktanya lebih natural tp saya bingung langsung pake apa nunggu dlu? Minta sarannya

    Like

    1. aditiyadita says:

      Hai Mba maaf baru bales..
      Kalau mau lepas dan pengen ganti produk yg lebih aman wajahnya diistirahatkan dulu aja mba, gak dipakein apa2 dulu kecuali cleansing biar ga kotor aja wajahnya semisal dari aktivitas di luar rumah. Saya juga seperti itu dulu, setelah 2-3 minggu baru saya berani pakai produk skincare yg baru. Itupun produknya bertahap satu2 gak sekaligus langsung saya pakai. Oya, makannya jg kalau bisa yg sehat2 aja dan byk minum air putih. Semangat ya Mba 🙂

      Like

  2. Inas says:

    Mba mau nanya, lepas sebulan kan mulai breakout. Sembuhin nya butuh waktu berapa lama ya mba dan pake produk apa aja buat sembuhin breakoutnya? Makasih

    Like

    1. aditiyadita says:

      Kalau untuk sembuh kayanya tergantung dari seberapa lama/banyaknya pakai kirim dokter. Seperti saya sudah setahunan ini setelah lepas sampai sekarang pun kulit wajah jadi sensitif spt gampang jerawatan walaupun yg tumbuh cuma 1-2 jadi harus hati2 memilih produk dan menghindari produk yg ada parfumnya, mineral oil, dan memilih paraben/alkohol free. Kalau lagi breakout sebisa mungkin tidak sekaligus pakai banyak produk, yg cocok di mba aja. Nanti kalau breakoutnya sudah reda baru mba tambahin rangkaiannya, Minum air Putih yg banyak, makan yg sehat juga ngaruh mba, dan kalau bisa hindari make up ya mba spt foundation atau concealer krn itu malah akan memperparah breakout. Semoga membantu ya mba..

      Like

  3. Lina says:

    Sama banget mba ma aku,, ak juga pengguna lbc setia sampai 5th, ak berhenti 3 bulan ini dan emang lewat sebulan baru breakout smpe jerawatnya dateng keroyokan… 😭😭 pengen nangis dan balik ke dokter, tapi kalo gitu mau smpe kapan aku pake krim dokter…. Saran aj yaa, awalnya aku salah mba, buat ganti skincare itu ak ganti skincare yg fungsinya memutihkan, ak coba pake wardah white secret, dan itu bikin muka aku tambah breakout…. 😢😢. Akhirnya dua minggu ini aku lagi pake produk teatree punya The Body Shop, dan lumayan cocok d mukaku, jerawat pada cepet kering, g trlalu gede2,, tapi saat ini bener2 masih berjuang… 😤😤 bener2 g mau balik k dokter….

    Like

    1. aditiyadita says:

      Iya betul, kalau ingin pindah treatment produk sebaiknya pilih produk yang gak neko-neko dulu seperti memakai produk yg fungsinya mencerahkan. lebih baik pilih produk yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita sekarang ini. Kalau mukanya sudah bersih dan sudah gak ada masalah lagi baru deh bisa coba-coba produk yg mencerahkan 🙂

      Like

  4. Krim dokter saja kalo berlebihan berbahaya, aplagi krim-krim gaje.

    Like

  5. Siti Soffa M says:

    Ka, aku masih ragu-ragu mau lepas dari krim dokter. Ya walaupun aku baru pake kurang lebih 1th si, tp takutnya wajah aku jd tambah jerawatan dan kusem. Gimana ya ka, kira2 kalo emang mau lepas, produk apa dulu yg hrs dikurangi pemakaiannya ka. Makasih😊

    Like

    1. aditiyadita says:

      Bismillah Insya Allah walaupun nantinya jerawatan pasti bisa sembuh kok..mumpung masih satu tahun. Kamu bisa mengurangi pemakaian krim malem dulu.. 🙂

      Like

  6. Indah damayanti says:

    Saya udh 3 bln lepas krim dokter,awalnya baik” aja.tapi sekarang numbuh jerawat gde yg sblmnya gk prnh ada 😂😂. Solusinya gimana mb?

    Like

    1. aditiyadita says:

      Solusinya sabar, hehehe.. pilih produk skincare skrg yang ringan atau sesuaikan dgn kebutuhan kulit wajah kamu 😀

      Like

  7. Eni Suprihatin says:

    Aku juga baru 2bulanan lepas dari lbc. Awalnya muka masih baik2 aja, tp setelah 2bulan. Mukaku breakout parah. Ampe rasanya mau nangis. Bingung harus gimana. Aku sama, jg makin picky pilih produk, aku lagi cobain korean skin care. Tapi kok gak ada hasil ya? Aku curiga sih, sebenernya yg bikin jerawat parah itu produk baruku, ataukah dari lbc. Aku pake lbc udah 2tahunan. Sumph galau bert gue.

    Like

    1. aditiyadita says:

      aku juga sempat menggunakan korean skincare selama 3 bln, setelahnya ga ngaruh dan gak cocok. Bisa jadi karena keduanya, karena tidak cocok dengan produk baru dan efek dari lepas lbc..

      Like

  8. shantydwiani says:

    Aku udah lepas dari krim dokter juga nih ka, tapi kulitku jadi kusam parah. Dari bagian tubuh, muka aku yg paling gelap warnanya. Gimana ini ka, bisa balik lagi ga ya kira2. Apa diistirahatin dulu kali ya bbrp bulan, stres bgt deh ka:(

    Like

    1. aditiyadita says:

      Sudah berapa lama lepasnya? Istirahatinnya cukup 3 minggu tapi disaat itu tetep kasih produk yang lebih aman biar kulitnya tetep ternustrisi juga..

      Like

  9. Dita says:

    Saya juga sama mba..saat ini masih teguh pendirian buat ga balik lg ke LBC setelah 6th setia sama LBC.Udah mulai muncul bintik merah banyak dan jerawat..produk apa yg paling bisa ngredam breakoutnya ya mba?

    Like

    1. aditiyadita says:

      Coba FTE SK-II aja (yang travel size ada kok) siapa tau cocok dan bisa ngeredam breakoutnya..

      Like

  10. Yunita says:

    Aku 1thn pake lbc ka, pngn lepas produknya, udah niat bngt,
    Tapi takut ka nnt lebih parah,
    Aku lagi pake mnyak zaitun udah 1minggu blm ada efek breakout nya,,
    Gk tau nnt nunggu 1 bulan ada gak yah
    Semoga gak terlalu parah
    Aku juga cuman pakai cream pagi, tirai, sama cream malem

    Like

    1. aditiyadita says:

      Mumpung masih 1 tahun loh.. aku juga sempat pakai minyak zaitun biar kulitnya tetep ternustrisi dan lembab. Semangat ya!

      Like

  11. clauclaud says:

    Doain ya kaka2, baru 1 mingguan lepas krim, muka sih udah mulai gatal dan muncul bintik jerawat ini 😭

    Like

    1. aditiyadita says:

      Insya Allah gak kenapa-kenapa ya..

      Like

  12. ketty says:

    aq jg pertengahan tahun lalu baru berhenti pke cream dokter gtu.. emank sih skrg muka gak licin dan kinclong lagi, tapi Alhamdulillah gak sakit lagi muka klo kena handuk, atau memerah saat panas”an, spider vein juga mulai ilang,, selama proses berhenti aq pke produk hadalabo yg putih, terus setelah beberapa bln baru mulai pake produk the body shop.. Alhamdulillah baik aja ini muka tanpa break out parah, yah awalnya berhenti mmg muka jd kering & ada jerawat bbrpa yg bandel sih.. semangat deh buat smua yg lg berjuang 😊 dan semoga qt gak tertarik lagi pke krim” perawatan gtu

    Like

    1. aditiyadita says:

      Semangat! eh iya sempet pake hadalabo? sekarang aku juga pakai tapi yang tube biru, hehe..

      Like

  13. feronika sihombing says:

    saya udah juga gitu mbak
    saya pake cream dokter merk natasha
    ga lama sih ga nyampe setaun juga,
    soalnya dulu sebelum saya pqke nathasa saya udah pake cream dokter namanya aliva,paa saya berhenti muka saya ga kenapa2
    tapi ntah kenapa pas saya berhenti pake natasha muka saya rasanya gatel banget terus muncul bintik2 merah kecil gitu,padahal udah 1 bulan lebih berhenti dan belom pake apa2

    kakak berapa lama jedanya baru bisa pake cream lain?
    terimakasih😊

    Like

    1. aditiyadita says:

      coba skincare lain 3 minggu setelah lepas..tapi itupun bertahap ya, gak langsung semua produk aku cobain.. 🙂

      Like

      1. Putri pita says:

        Kebetulan aku juga baru lepas krim Natasha…. langsung aku lepas total semuanya gak pake bertahap, soalnya selama pemakaian mukaku malah berminyak banget dan brustusan merah2 gatel meradang. Aku pake Natasha juga blm 1 tahun,kira2 6 bulanan lah… tapi malah beruntusan. Mungkin karena aku waktu itu jalanin Threat Lift jadinya hanya boleh pake krim antibiotiknya selama 2 minggu, mulai dari saat itu mukaku muncul bintik2/bruntusan yang bikin aku shock banget. Sampe 1 bulan aku coba bertahan dan berharap akan hilang brustusan itu. Tapi gak hilang juga, bahkan aku sdh dikasih obat minum sama dokternya dan ijeksi acne diwajah buat jerawat yg besar2nya. Karena gak kunjung hilang akhirnya aku putuskan stop total segala macem produk Natasha. Dan untuk gantinya aku pake Tes Tree serries nya The Body Shop. Jerawat berangsur kalem dan cepat kering setelah pakai oil nya. Dan sekarang dah masuk 3 minggu pakai TBS. Lumayan sih…. aku bantu masker juga buat jerawat brustusnya kempes.

        Like

      2. aditiyadita says:

        Waw, terimakasih udah sharing! semoga semakin membaik ya 🙂

        Like

  14. Tfasa03 says:

    Kak aku jg bingung nih..pake lbc 2thn an, dan bnyk temen yg bilang lbc keras, aku jd pengen brenti. Tp kalo brenti pake lbc mau pake apalagi aku bingung, soalnya gak percaya sama produk” spt ponds,garnier,citra,dll gitu. Kalo menurut mbak gantinya krim dan sunscreen gitu yg aman dan herbal apa ya? Kalo larissa gmana nih mnrt mbak? Btw muka aku juga dah tipis bgt ni, takut kalo pake lbc terus….
    Makasihhh 😀

    Like

    1. aditiyadita says:

      in my opinion, skincare products yang ada di over the counter seperti ponds, garnier itu terbilang masih aman ketimbang perawatan yg pernah kita pakai seperti di lbc. krn semisal kita stop gak pakai mereka pun, minim akan efek macem2 seperti kita stop pakai krim2 klinik/dokter dan hasilnya pun gak instan seperti kita pakai krim lbc, apalagi bikin jadi muka tipis dan ketergantungan.
      Iya, kamu bisa pakai yang alami2 aja dulu, biar mukanya gak kaget. bisa maskeran pakai madu atau bahan alami apa yg bagus disesuain dgn kondisi muka. kalau larissa, aku gak pernah coba dan gak tau bagus apa engganya.. 🙂

      Like

  15. Viga sabda says:

    Hallo mbak.. baca postingan mbak jadi terharu juga.. sama kayak kasusku mbak ☺ mbak boleh minta nomor WA nya? Mau sharing..

    Like

    1. aditiyadita says:

      Hai, kalau mau sharing bisa email ke aditiyaditaa@gmail.com ya 🙂

      Like

  16. putri cerrian says:

    Iya kak sama aku baru aja 4 hari lepas krim dokter kulitku langsung timbul jerawat kecil (bruntusan) dan gatel.. 😢 kulit wajah aku juga makin gelap n di seluruh bagian tubuh wajah aku yg paling kucel. 😢 aku coba ganti krim malamnya pake gel aloe vera kayaknya bisa ngeredam breakoutnya tapi malah bikin tambah item. Apa gakppa ya kak aku gak istirahatin kulitku cuman pake gel aloe vera?

    Like

    1. aditiyadita says:

      gak papa kok, selagi cocok dan gak nimbulin breakout terusin aja 😀

      Like

  17. Hesti says:

    Ig nya apa kak.pengen sharing

    Like

  18. renii says:

    Aku mau berhenti udh 4x beli cream dokter ..
    Mau lari ke pelembab nya c*tra.
    Boleh ga yahh takut ga cocococo😔k

    Like

  19. Likhah says:

    Hai kak, aku pernah pakai krim dokter sekutar 3bulanan trus aku milih untuk berhenti dri krim dokter ,alhamdulillah saya udah lepas dr krim dokter sekitar 1bulanan. Mukaku makin item, aku coba pakai masker2 alami seperti kopi,minyk zaitun. Aku pakai rutin tp skrg alhamdulillah agak mendingan ga se item dulu awal2 lepas dri krim. Tp apakah kulit bisa kembali normal kak? Dan brp kah waktu yg dibutuhkan agar kulit wajah normal kembali seperti kulit tubuh?

    Like

  20. LUTHFIA says:

    Kak minta saran dong . Aku sudah 2 tahun ini pake lbc , facial juga cuman 2 kali waktu awal2 perawatan . Pakai krim malam , pagi dan tirai . Nah kurang lebih 6 bulan ini krim pagi aku ganti dengan pelembab ponds biasa . Dan alhamdulillah gapapa . Tapi sekarang pengen berhenti . Aku mulai dari mana dulu ya ? Apakah ketika sudah berhenti pada saat2 breakout itu tetep pakai ponds atau tidak sama sekali ? Dan juga tirai kalo tetep pakai gimana ya ? Kara aku kerja dilapangan jadi kalo ga pake takut gosong . Huhu galau . Semoga dibalas . Terimakasih

    Like

    1. aditiyadita says:

      mulai dari kurangin pemakaian krim malem..kalau pondsnya cocok tetep pakai aja..tapi kalau ternyata saat2 breakout malah makin parah jgn dilanjut. tirai itu sunscreen ya?kalau belum ketemu produk sunscreen yg cocok tetep pakai aja tirainya misal memang sering aktivitas di luar..

      Like

  21. Fasha says:

    Saya br lepas dr krem natasha, padahal saya g sampek 2bln make krim itu.. Dan hanya 2 x facial dsna. Tp kulit saya yg awlbya baik2 ja jd beruntusn d dhi dan makin parah wlau dah dganti krim. Lhrinya sya langsung brhenti total. Tp smapai skrng msh da beruntusn d dahi. Kira2 proses break out sampek brp bulan ya rata2? Kefikiran mo k dokter kulit tp takut sma ja ky dokter kecantikan krimnya g jelas.

    Like

  22. farahvany says:

    Aku juga mba udh dari tahun 2013 pake krim dari wijaya platinum. Pas taun kmrn bulan agustus dikasi obat baru dan muka jd jerawatan padahal dulunya mulus. Trs coba lepas dan pake skincare korea. Eeehhh breakout parah. Trs ga kuat ke dokter lagi. Tp bulan kmrn muka ku kok ga ada perubahan malah makin parah dan kering banget. Akhirnya aku bener2 stop dan pake miracle toner dr some by mi. Allhamdulilah mendingan sih tp bruntusannya masih banyak . Aneh nya cuma di sekitar pipi dan dagu. Idung dan jidat bersih. Benee2 harus sabar ya mba lepas dr klinik kecantikan. Tp aku rada gimana gitu takut yg skrg ga berhasil lagi aku harus benerin muka kemana lagi :(. Soalnya aku masalah nya di bruntusan dan bekas jerawat 😭😭😭

    Like

    1. aditiyadita says:

      aku juga pernah ngalamin bruntusan di pipi sampe rahang krn gak cocok produk. awalnya ga pernah sama sekali bruntusan disitu. iya, abis lepas dari krim dokter selanjutnya harus sabar2 banget cari skincare yg cocok..semoga cepet mulus lagi ya 🙂

      Like

  23. Halo assalamualaikum mb adityadita ,, saya juga pengguna yg sama sejak 2014 namun saya masih pake krim malam saja paling lengkap pake krim siang (jarang sekali),, tapi sering nya saya hanya k.malam itu pun juga tidak tiap malam saya pake karena takut ketergantungan,, jadi selama 4 th kulit saya Alhamdulillah terkendali,, disampingnya saya juga pake bedak

    Liked by 1 person

  24. Pengen stop tp ga tau mulai dr mana ,,, btw sy jg ga pake lengkap, saya pake kalo muka kusam mb. Ditambah kalo kelamaan si k.malam sampe berubah warna kecoklatan krn ga tersentuh… Alangkah baiknya bisa di update lagi skincare apa lagi yg masih dipakai hingga saat ini. Trimakasih krn tulisan ini saya jd pengen lepas pindah ke drugstore..

    Like

    1. aditiyadita says:

      aku belum berani update skincare krn sampai skrg pun masih berubah2..hehe..tapi Insya Allah nanti aku update ya 😀 terimakasih kembali udah baca dan sharing..

      Like

  25. Nurani says:

    Hay kak q ini lama jga pkek krim dokter tpi tiap mw berhenti selalu brintisan mbk… Pernah berhenti seminggu muka bruntusan gatal mbk gmna ya caranya…

    Like

Leave a comment